Tanaman Sirsak

Tanaman sirsak dalam bahasa ilmiah tumbuhan ini disebut Annona Muricata Folium yang merupakan tanaman buah yang sangat terkenal dan mudah tumbuh dimana saja. Tumbuhan yang dapat tumbuh di sembarang tempat, namun yang paling baik tanaman sirsak tumbuh dengan keadaan tanah yang banyak mengandung air. Nama sirsak berasal dari bahasa Belanda yakni “zuurzak ” yang berarti kantung asam. Meskipun tanaman sirsak ini tidak berasal dari Negeri Belanda namun pertama kali tanaman ini diperkenalkan ketika zaman pemerintahan Kolonial-Belanda yang datang ke Indonesia pada abad ke-19. Tanaman sirsak ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

 Gambar tanaman sirsak

Di Indonesia penyebaran tanaman sirsak dapat ditemukan dimana saja, selain itu tanaman sirsak memiliki nama unik disetiap daerah di Indonesia, seperti :

- Jawa : Nangka sebrang, nangka landa

- Sunda : Nangka walanda, sirsak

- Madura : Nangka buris

- Bali : Srikaya jawa

- Aceh : Deureuyan Belanda

- Nias : Durio Ulondro

- Minangkabau : Durian betawi

- Lampung : Jambu landa

Nama lain : Soursop (Inggris), Corossol atau Anone (Perancis), Zuurzak (Belanda)  guanábana (Spanish), graviola (Portuguese), Brazilian Paw Paw, Corossolier, Guanavana, Toge-Banreisi, Durian benggala, Nangka blanda, and Nangka londa.

Tanaman sirsak mudah tumbuh di sembarang tempat, tanaman sirsak bisa mencapai ketinggian 9 meter, namun di Indonesia tinggi pohon sirsak dapat mencapai 1000 mdpl, dari tanaman sirsak yang paling banyak digunakan adalah buahnya. Ukuran buah sirsak cukup besar hingga mencapai 20-30 cm dengan berat 2,5 kg/buah. Pada daging buah sirsak terdapat biji tunggal berwarna hitam yang terhimpit diantara daging buah. Pada  buah sirsak mengandung banyak karbohidrat yakni fruktosa. Selain itu juga mengandung vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak.

Gambar : Buah Sirsak

Namun kini tak hanya buah yang dapat dimanfaatkan, kini daun sirsak pun juga dapat dimanfaatkan sebagai obat anti kanker, kini banyak para produsen yang memanfaatkan daun sirsak sebagai pengobatan herbal yang dibentuk dalam kapsul, pil, serbuk jamu atau lainnya. Tanaman sirsak kemudian diteliti untuk membuktikan kebenaran akan khasiat dari tanaman sirsak kini yang dipercaya sebagai tumbuhan pembunuh kanker. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Health Sciences Institute pun dilakukan dengan meneliti nilai kandugan akan buah dan daun, kemudian didapat hasil yang mengesankan buah dan daun sirsak tak hanya baik digunakan sebagai obat untuk mengatasi cacingan atau adanya parasit yang berada dalam perut, namun juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, anti bakteri, anti jamur, mengoptimalkan syaraf yang kurang baik dan tentunya dengan khasiat yang luar biasa dapat mengobati dan membunuh tumor dan sel-sel kanker.


=====================================

>>> Kapsul Daun Sirsak AntiKanker Untuk Membantu Pengobatan Penyakit Kanker dan Menurunkan Tekanan Darah, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Daun Sirsak and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>